Sejarah

 Oleh: Diki Muhamad

BDG EXPLORER merupakan komunitas pelaku kegiatan olahraga luar ruang dari kota Bandung. Olahraga yang sering dilakukan di antaranya adalah lari lintas alam, lari jarak jauh (sampai kategori ultramarathon), bersepeda, hiking dan berenang. Nama “Bandung Explorer” pertama kali digunakan saat acara lari amal, yaitu penggalangan dana untuk rumah singgah anak penderita leukemia dengan jarak tempuh Bandung-Jakarta yang dilakukan oleh beberapa pelari jarak jauh tanah air seperti Martin Rimbawan, Novita Wulandari, Ina Budiarni, Robby Sudrajat, Vernando Hutagaol dan pelari pendukung serta team support drg. Aris Sosilo, Soh Sin Hui, Diki Muhammad, dan Brigitta Satriani Dewi, sehingga bisa dikatakan bahwa event Run for Leukemia ini merupakan awal berdirinya Bandung Explorer.

Setelah itu kami semakin sering berlari bersama atau sekedar nongkrong di salah satu gerai brand outdoor. Medio April 2014 kami dipercaya untuk menjadi panitia di helaran Kawah Putih Trail Run 2014 yang diselenggarakan oleh salah satu brand outdoor tanah air, dengan Dian R. Sukmara (Kang Dian) sebagai koordinator acara, dan Mawar Nita Pohan (tante Mawar) sebagai bendahara acara. Acara tersebut meningkatkan kekompakan di antara kami. Selanjutnya muncul agenda jalan-jalan rutin yang diberi nama NgaprakNgaprak  dalam bahasa Sunda berarti jalan-jalan ke sana ke mari. Tidak jarang di saat ngaprak kami hanya menyepakati titik kumpul dan waktu start tanpa kesepakatan tentang rute lari. Setelahnya kami membiarkan kaki ini melangkah, kesana-kemari, melintasi kebun, bukit, hutan, jalanan desa, atau bahkan jalanan lintasan bis-bis besar. Suatu waktu saat ngaprak kang Arief Budiman nyeletuk menyingkat Bandung Explorer sebagai Bandrex; seperti minuman khas tatar Sunda tempat kami berpijak. Karena mudah diucapkan, akhirnya sampai saat ini Bandung Explorer sering juga dipanggil dengan Bandrex.

Dengan menghidupkan komunitas BDG EXPLORER (Bandung Explorer) kami berharap dapat memajukan olahraga luar ruang terutama lari trail. Kami juga mendukung beberapa teman yang menunjukkan prestasi  seperti Abdul Aziz Dermawan, Abdul Reza, Aris Sopiandi, M. Rizal Usman, Arief Wismoyono dan Alan Maulana. Kami berharap komunitas ini dikenal melalui prestasi, bukan prestise. Sikap ini mendorong kami untuk rajin berlatih untuk meningkatkan kemampuan fisik. Kami juga senang memberikan dukungan pada rekan, sahabat, teman, dan keluarga di berbagai event lomba. Atas dasar hal tersebut sampai hari ini BDG EXPLORER masih solid dan akan semakin solid sebagai salah satu komunitas yang aktif di olahraga luar ruang.